The Upstairs Rilis Album Baru 'Katalika'

Setelah memiliki 3 album yaitu Matraman (2004), Energy (2006), dan Magnet! Magnet! (2009). Jelang waktu tiga tahun dari Album sebelumnya, The Upstairs secara resmi mengumumkan di akun Twitter dan Facebook bahwa mereka akan segera Merilis Album ke-empat yang mereka beri nama 'Katalika' dan di album ini Diproduseri oleh drummer mereka, Beni Adhiantoro. adalah Jimi Multhazam (vokal), Andre Kubil Idris (gitar), Beni Adhiantoro (Drums, backing vokal) dan dibantu Pandu Fathoni (additional bass, synth bass, backing vokal) dan Krishna Visco ( Additional Keyboards, Synthesizer).
 The Upstairs baru saja melepas single dari Album Katalika yang di-beri judul 'Sekelebat Menghilang' dalam versi Video Clip dan bisa kita lihat melalui youtube.


.dikutip dari rollingstone:

frontman eksentrik nan kharismatik Jimi Multhazam mengungkapkan, “(Katalika) diambil dari bahasa Sansekerta, artinya spontan atau tiba-tiba. Kenapa gue pilih kata itu? ‘Tiba-tiba’ adalah kata yang familier buat The Upstairs, terutama Kubil. Kalau ditanya, ‘Bagaimana buat lagu ini?’ atau ‘Bagaimana elo bertemu dia?’ Kubil sering jawab, ‘Tiba-tiba.’”
Jimi lalu menunjuk proses penggarapan album Katalika sebagai pengerjaan album paling melelahkan baginya. Diproduseri oleh drummer Beni Adhiantoro, album ini memakan waktu tiga tahun untuk diselesaikan, yang berarti jangka waktu dari perilisan Magnet! Magnet! sampai sekarang tidak disia-siakan begitu saja.

“Dari dulu memang sudah kesepakatan kalau tiap album The Upstairs produsernya satu orang saja dengan sistem estafet, untuk Magnet! Magnet! gue jadi produser makanya punk rock begitu. Sekarang giliran Beni dan dia adalah orang yang perfeksionis, sangat pop dan rapi. Ibaratnya, kalau gue dengar punk rock yang kasar, dia dengar punk rock yang harmonis,” terang Jimi.

Ia melanjutkan, “Kami mengerjakan album ini tiga tahun di kamar Kubil, Beni-lah orang yang mengatur permainan anak-anak agar frekuensinya nggak tabrakan, jadi tertata rapi. Secara musikal, Matraman itu jorok, Energy itu mengkilap, Magnet! Magnet! kembali berantakan, sementara Katalika menampilkan pembauran Matraman dengan Energy; ada joroknya dan ada mengkilapnya.”

Selain bertanggung jawab pada departmen pita suara dan tata bahasa, Jimi kembali mengurus konsep sampul album Katalika. Namun tidak seperti album-album The Upstairs sebelumnya, Jimi tak lagi bertindak sebagai pengeksekusi kesenian untuk album ini. “Gue memang ingin menjauh dari imej The Upstairs yang lama agar nggak terlalu dominan di gue. Personel lain juga punya banyak ide,” ujarnya.

Katalika rencananya akan dirilis pada bulan Agustus 2012 ini, Organic Records kini adalah label rekaman yang menaungi The Upstairs. Jimi menceritakan bahwa semuanya berawal dari keturutsertaan The Upstairs dan Maliq & D’Essentials pada album kompilasi persembahan untuk KLa Project. “Dari sana Widi (Puradiredja, drummer Maliq & D’Essentials) menawarkan The Upstairs untuk ikut kompilasi berbahaya Radio Killed the TV Star. Sampai suatu saat gue memperdengarkan materi-materi baru The Upstairs, dia ternyata tertarik untuk merilisnya,” kenang Jimi.

The Upstairs juga telah menunjuk single perdana dari album ini, yaitu “Sekelebat Menghilang”. Bahkan, video klip yang dikerjakan oleh Dimas Wisnuwardono pun telah selesai dikerjakan. “Tunggu lagunya di radio, untuk video gue lagi tunggu kapan waktu yang pas untuk diunggah ke YouTube,” imbuh Jimi.

Penulis : Ambul ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel The Upstairs Rilis Album Baru 'Katalika' ini dipublish oleh Ambul pada hari Tuesday, August 21, 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan The Upstairs Rilis Album Baru 'Katalika'
 

0 komentar:

Post a Comment